Kamis, 28 Juli 2011

Requirement User perlu di cari solusi, begitu pula Requirement mood kita



spAXrtan ...

have you feel frustrated and depressed with your busy and makes you feel that you are the miserable person in the world. Well, sometimes we will get better if break it down with our best friend but do not get used. it's good if we learn to overcome our mood.

Ya benar. Mood yang tidak bagus-entah karena sakit, perdebatan dengan atasan atau dengan teman maupun karena situasi-kondisi lingkungan kerja/kantor yang sedang fooging, ga kebagian kursi atau meja(warung bakmi kalie), ada yang kentut dll, secara tidak sadar membuat perubahan pada diri kita. misalnya ...
1. mendadak menjadi saingan-nya Tukul Arwana.
2. bikin bingung arah mouse mau kemana (mengscroll mouse secara bolak-balik).
3. raib dari meja kerja-pergi jalan-jalan.
4. menjadi mahluk paling liar dan buas di kantor-sensitif.
5. jajan (ga pake tanda kutip yah) berlebihan.ujung-ujungnya takut dengan timbangan badan.
6. ada juga yang sampai kehilangan semangat hidup sampai
7. Nyuruh sesuatu yang ga penting(cabutin uban) ke OB kita dll.

Ada bebarapa cara yang biasa-nya saya lakukan jika saya menghadapi situasi yang membuat mood ga jelas tak menentu. Saya biasa ... dari pada membolak-balik/memutar-mutar scroll pada mouse saya mengambil pinsil dan kertas - mulai menggambar kadang Saya juga bersenandung ria. Bukan bermaksud menjadi so' baik atau so' alim terkadang saya menunggu datang-nya waktu sholat untuk bisa mengadu pada-Nya.

Dr. Donald Schnell, salah satu pendiri dari The Spiritual Java Coaching Programme (http://www.spiritualjava.com/) memberikan 7 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

  1. Selalu tanyakan pada diri Anda apabila Anda frustrasi menghadapi masalah. Misal: “Bagaimana caranya agar pekerjaan ini bisa lebih menyenangkan, lebih mudah dikerjakan, lebih cepat selesai, lebih baik?”
  2. Ciptakan ketertarikan dan rasa ingin tahu yang besar terhadap diri sendiri atau hal-hal di sekitar Anda. Sikap ini akan membuat Anda termotivasi untuk mengetahui sesuatu yang baru dan menyelesaikan sebuah masalah.
  3. Terima kekurangan Anda. Semua orang memiliki kekurangan, jadi jangan terfokus bagaimana caranya agar Anda tidak memiliki kekurangan. Sebaliknya, carilah teman yang sekiranya bisa membantu Anda mengatasi kekurangan tersebut.
  4. Jangan pernah berhenti belajar. Sama halnya dengan tubuh kita, otak kita juga perlu dilatih setiap hari, jika tidak otak kita akan menjadi lemah. Buka mata Anda dan Anda akan lihat setiap hari pasti ada hal baru yang bisa Anda pelajari dan membuat hidup Anda menjadi lebih baik.
  5. Maksimalkan hari ini. Maksudnya jangan sia-siakan waktu dan belajar menghargai hal-hal baik dan benar. Jangan sampai Anda kehilangan hal-hal yang menakjubkan dalam hidup Anda hari ini, ketika Anda disibukkan dengan mereka-reka masa depan.
  6. Jangan hidup di masa silam. Hal ini menekankan Anda untuk konsentrasi di masa ini yaitu hari ini. Yang lalu biarlah berlalu karena tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya kecuali yang bisa Anda lakukan hari ini. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan hari ini, lakukanlah!!
  7. Berenang mengikuti arus. Jangan membuang waktu dengan hal yang tidak dapat Anda kendalikan. Atau dengan kata lain, konsentrasilah dengan apa yang dapat Anda kontrol. Misal: pekerjaan Anda, buku yang Anda baca, teman yang Anda peluk, kapan harus tertawa, kemana Anda pergi, apa yang Anda pikirkan atau lakukan, dsb.
Sumber: conectique

Selain langkah-langkah tersebut ada baiknya kalau ditambah dengan :

  1. Jaga kondisi kesehatan, apapun langkah yang kita tempuh dari nomor 1-7, jika badan sedang sakit, usaha tersebut tidak akan optimal, bahkan mungkin gagal
  2. kita niatkan apa yang kita lakukan semua adalah memiliki nilai ibadah. sesuatu yang dilakukan serius, tidak main-main/malas-malasan, punya potensi untuk bernilai ibadah.
Daftar pustaka:
http://mediasurviva.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar